Mau Merubah Domain Blogspot Ke Custom Domain?? Sebaiknya Pikirkan Dulu Hal Berikut


Baiklah seperti judul diatas saya akan sedikit berbagi mengenai beberapa tips dan Resiko memindahkan subdomain blogger ke custom domain. Mudah-mudahan saja setelah membaca artikel ini teman-teman blogger yang mempunyai rencana untuk memindahkan blognya ke custom domain dapat lebih memahami resiko yang akan dialami ketika memindahkan alamat blog lama ke domain baru. Mengenai tips memindahkan subdomain blogspot ke custom domain akan saya bahas pada postingan selanjutnya.

Resiko Memindahkan Sub-domain Blogspot Ke Custom Domain
Me-redirect suatu alamat web atau blog tentu saja memiliki beberapa resiko karena blog kita akan dianggap sebagai blog baru oleh search engine. Dibawah ini beberapa resiko yang saya alami ketika memindahkan blog ini ke custom domain:

1. Penurunan alexa rank dan Google pagerank (Sementara)
Meredirect sub-domain blogspot ke custom domain tentu saja akan membuat blog kita seperti sebuah blog baru. Penurunan alexa rank dan Google pagerank tentu saja sudah menjadi sebuah resiko yang harus ditanggung ketika kita memindahkan alamat blog kita ke domain baru. Namun permasalahan ini hanya bersifat sementara karena alexa rank dan pagerank kita akan kembali seperti semula secara bertahap. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 1-3 bulan untuk kembali ke kondisi semula.

2. Penurunan kecepatan peng-index-an Search Engine (Sementara)
Dengan menurunnya Google pagerank tentu saja akan berpengaruh juga kepada kecepatan pengindexan search engine. Sebagai contohnya, postingan terbaru blog ini baru terindex di search engine setelah 2-3 hari setelah tanggal postingan di publish, hal ini sangat berbeda jauh dengan kecepatan pengindexan sebelum blog ini saya pindahkan ke custom domain, postingan terbaru hanya membutuhkan waktu 1-2 menit untuk terindex di search engine. Permasalahan ini akan kembali seperti semula seiring perkembangan pagerank dan alexa rank blog kita.

3. Kehilangan pembaca melalui Feed (Permanent)
Merubah URL blog tentu saja akan merubah alamat feed blog kita, dengan kata lain kita akan kehilangan pembaca yang telah berlangganan artikel melalui alamat feed blog kita yang lama. Penanganan permasalahan ini akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya mengenai tips memindahkan sub-domain blogspot ke custom domain.

4. Penurunan jumlah pengunjung (Sementara)
Pada saat perubahan sub-domain lama ke domain baru, google secara bertahap akan berusaha memindahkan alamat blog lama ke alamat blog baru, hal ini disebabkan blogspot menggunakan fitur redirect 301 (permanet redirect) ketika kita memasukkan alamat domain baru kita di settingan blogspot. Jumlah halaman blog lama kita yang telah terindex di search engine akan dihapus secara bertahap dan di index ulang ke alamat domain baru. Masa-masa transisi pengindexan google ini lah yang akan menyebabkan pengunjung blog kita menurun untuk sementara.
Silahkan anda laporkan jika ada link yang rusak atau beberapa tutorial yang tidak bekerja, karena saya akan segera memperbaikinya, dan berhubung saya baru mengganti themes blog, jadi pasti banyak artikel yang berantakan! Saya harap anda dapat membantu saya untuk memperbaiki semuanya dengan berkomentar di artikel yang bermasalah.. thanks sebelumnya sudah berkunjung keblog utta yang sederhana ini...
Please rate this article:
{[['', '']]}
{["Useless", "Boring", "Need more details", "Perfect"]}

Jika Artikel ini menarik, Silahkan copy paste permalink berikut ini di blog sobat!

thumbnail
About The Author

Hai,.. I am just an ordinary man who just might share the knowledge that I know ahead of you, No one is more perfect. Always keep learning and sharing of knowledge, Just be Yourself and be The Unique that makes them know who you are.!!


3 Comments
Comments

+ komentar + 3 Diskusi pada 'Mau Merubah Domain Blogspot Ke Custom Domain?? Sebaiknya Pikirkan Dulu Hal Berikut'

  1. trus gmna Memakai domain yg kita beli, tnpa ada nya pemindahandari blog, ??

    BalasHapus
  2. Izin Copas Mas... ^_^
    Ini Artikelnya http://blogmartstein.blogspot.com/2012/12/resiko-custom-domain.html

    Saya Sudah Cantumkan Sumber ^_^

    BalasHapus
  3. coustum domian saya malah ke index blogspotnya , padahal yang .com nya sudah muncul tapi tiba-tiba menghilang , apa ada kemungkinan balik lagi ?

    BalasHapus

Tolong memberi komentar yang tidak melanggar norma-norma. Kami berhak menghapus komentar yang kasar, mengejek, bersifat menyerang, dan tidak berhubungan dengan artikel di atas. Oleh sebab itu, kiranya dapat menggunakan bahasa yang jelas!

Pedoman wajib untuk memasukkan komentar:
1. Tidak boleh memakai lebih dari satu kolom komentar.
2. Pertanyaan/masukan harus berhubungan dengan uraian diatas.
3. Sebaiknya satu atau dua pertanyaan dalam satu kolom komentar.
4. Hanya menggunakan bahasa Indonesia yang umum dan dimengerti semua orang.
5. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
6. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.

Bila Anda punya nama atau blog gunakan komentar sebagai "Name/ URL".

Sebelumnya utta minta maaf yg sebsr2Nya jka komentar anda blm sempat dibls. ^^