Bagaimana Mereka Memaknai Sebuah PEJODOHAN....

Desa tercinta,,, Kototuo, 25 June 2012 01:56 AM

Pernah dengar kisah tentang Siti Nurbaya,, kisah perjodohan gadis minang,, kisah ini dikenal dan melegenda sepanjang masa,, dan ketika menyebut kata “Padang” atau “Minang” maka orang akan langsung mengingat kata Siti Nurbaya.

Perjodohan.., perjodohan mungkin identik dengan budaya Minang, paling tidak bagi kampung kami,, hampir 90% warga kampung ini menikah dengan di jodohkan,, dan semua orang menjalaninya,, iklas atau tidak iklas, rela atau tidak rela…

Pasti pada bilang.. “hari gini masih di jodohin please dech 2012 gitu loh..” ha…ha…ha saya juga berpikiran yang sama,, gila aja,, 2012, ketika segala sesuatu sudah berjalan dengan teknologi,, masih ada ajj orang yang menikah di jodohkan,,tapi itu nyata dan ada,,

Terus ada lagi yang bilang.. “pasti karena mereka orang kampung,, orang udik yang gak kena arus globalisasi,, makanya mau aja di jodohin..” eit lagi..lagi bentar dulu,, itu berlaku buat semua orang gak ngaruh dia mau gede di kampung,,,atau gede di kota,,...

Terus pasti ada lagi yang nanya,, “terus kalau gak mau gimana,, boleh nolak gak,, “ he…he..he bagian ini tergantung dari pola pikir, dari keluarga,, dan seperti nya jarang ada yang nolak,, karena doktrin yang selalu tertanam “ kalau keluarga besar adalah segalanya,, terutama ibu,,ketika seorang ibu mengatakan itu baik,, maka kita harus percaya itu adalah baik,,”

Mau tahu bagaimana kisah sebuah perjodohan itu di jalankan,, baiklah saya akan menceritakan kisah ini,,kisah nyata yang terjadi di keluarga besar kami,, dan saya amat sangat amaze,, kagum ,, dan tidak mengerti bagaimana pola pikir,, dan mungkin bagaimana mereka memahami konsep pernikahan..

Sebut saja namanya Buyung

Besar dan tumbuh di desa punya pekerjaan yang baik, kehidupan yang baik, tetapi sampai dengan umurnya yang sudah 29 tahun masih belum menikah,, secara fisik dia manis, banyak teman,

Upik.

umur 27 tahun, besar dan tumbuh di kota, wanita karir, cantik,pintar, dan memiliki pengetahuan yang luas, juga punya banyak teman,,

Dan mungkin ini yang di sebut rencana ALLAH, segala sesuatu adalah misteri, di suatu hari, ketika Ibu Buyung, bertemu dengan salah satu keluarga Upik, di mulai dari iseng-iseng bertanya kabar anak masing-masing,, dan tiba-tiba keluar statement,, “Si Upik Umurnya berapa ya, blum di cariin jodoh , kalau belum, ama anak gw aja,, si Buyung juga belum” yup hanya kalimat sederhana seperti itu,,tapi akan berakhir serius,,.:)

Berikut Beberapa Pendapat Teman2 mengenai Perjodohan ini :

  1. kalau perjodohan yang dilakukan oran gtua sekedar sebagai pembuka jalan, menurut saya ( untuk saya ) tidak masalah, tapi kalau sampai ada pemaksaan, seolah pilihan kita adalah yang terbaik di mata Allah, sepertinya ini perlu diluruskan.

    Dan memang, restu orang tua dalam hal perjodohan, tidak bisa diabaikan. Jadi, karena dalam hal perjodohan orang tua ikut berperan, itu berarti restu telah mereka berikan, dan insya Allah, mudah-mudahan ini menjadi satu modal untuk menuju tahap pernikahan.
  2. kalo sekedar dikenalkan, dipertemukan, sih menurut gua bagus ya. gak ada salahnya.
    tapi masalah ntar nya bisa beneran ‘jadi’ atau gak ya tergantung kecocokan mereka sendiri.

    kalo perjodohan yang maksa, kayak siti nurbaya itu yang gua gak setuju. kalo orang gak cinta masa dipaksa nikah sih.. itu kan hak asasi manusia ya… :D
  3. perjodohan memang tidak salah,jika kedua belah pihak cocok dan saling suka bisa lanjut ke jenjang selanjutnya

    tapi jika salah satu tak tertarik tidak bole memaksa juga,karna cinta urusannya hati,

    yang terpenting adalah minta petunjuk dari sang pemilik cinta itu sendiri,karna Dialah yang berhak menilai :)
  4. tidak ada yang salah dengan perjodohan.
    dan, ortu selalu menginginkan yang terbaik utk anak2nya ,
    tidak ada ortu yang ingin membuat anaknya menderita.
    terlebih dlm masalah perjodohan ini, pasti karena ortu tau benar bibit, bebet, dan bobot sang calon menantu, maka mereka bersedia menjodohkan anaknya.
    Lagi pula perkawinan yg disertai restu kedua ortu, insyaallah akan lebih berkah.
    walaupun, utk menjadikannya sebuah perkawinan, tetap menjadi pilihan si anak sendiri.
    ortu hanya memberi jalan saja.
  5. gak bisa dipungkiri memang, masih ada kok yang pake acara perjodohan2 gitu. bahkan ada juga malah yg minta dijodohin, karena biasanya terlalu sibuk dengan karir dan sebagainya jadi lupa nyari pasangan hidup hehe..

    gak masalah sih, kenalan aja dulu ya.. kalo gak sreg ya kita lihat aja nanti.
  6. btw, saya ini yg termasuk asyik sendiri hehehe.. bagi saya kemantapan mental itu penting, jangan menikah karena temen2nya dah pada nikah dan punya anak.. atau hanya ngejar umur, toh pada akhirnya akan menemukan keyakinan itu dengan sendirinya dan berkata pada diri sendiri : saya pengen nikah. gitu :-)

    *pengalaman pribadi.
  7. Masih musim juga sebenarnya perjodohan jaman sekarang. Malah mungkin lebih intens ya, soalnya fenomena pria dan wanita karir yg agak lupa bergaul semakin banyak, jadi biasanya ya mereka lebih suka dijodohkan. ^_^
  8. menurut saya …membantu disambung-sambungin … atau dalam bahasa kamu di jodohkan …
    menurut saya ok-ok aja … asalkan jangan di paksa …

    Kalau tidak jodoh … ya cari jodoh yang lain …
  9. gw pengen banget di jodohin… cuma kagak mau dipaksa! wkakakakakak…
  10. Biasanya cinta itu tumbuh setelah pernikahan…
    Contohnya sudah banyak kan…
  11. Perjodohan sudah kadung dianggap kolot, padahal tidak juga kok. Kan prosesnya beda dengan nikah paksa atau nikah di bawah ancaman. Dijodohkan maksudnya kan dicarikan yang sekiranya terbaik. Masalah keputusan tetap ada di tangan yang menjalani..
  • Kalau Menurut Anda Sendiri, Bagaimana anda menyikapi tentang PERJODOHAN ini????

Sumber
Silahkan anda laporkan jika ada link yang rusak atau beberapa tutorial yang tidak bekerja, karena saya akan segera memperbaikinya, dan berhubung saya baru mengganti themes blog, jadi pasti banyak artikel yang berantakan! Saya harap anda dapat membantu saya untuk memperbaiki semuanya dengan berkomentar di artikel yang bermasalah.. thanks sebelumnya sudah berkunjung keblog utta yang sederhana ini...
Please rate this article:
{[['', '']]}
{["Useless", "Boring", "Need more details", "Perfect"]}

Jika Artikel ini menarik, Silahkan copy paste permalink berikut ini di blog sobat!

thumbnail
About The Author

Hai,.. I am just an ordinary man who just might share the knowledge that I know ahead of you, No one is more perfect. Always keep learning and sharing of knowledge, Just be Yourself and be The Unique that makes them know who you are.!!


0 Comments
Comments

+ komentar + 0 Diskusi pada 'Bagaimana Mereka Memaknai Sebuah PEJODOHAN....'

Tolong memberi komentar yang tidak melanggar norma-norma. Kami berhak menghapus komentar yang kasar, mengejek, bersifat menyerang, dan tidak berhubungan dengan artikel di atas. Oleh sebab itu, kiranya dapat menggunakan bahasa yang jelas!

Pedoman wajib untuk memasukkan komentar:
1. Tidak boleh memakai lebih dari satu kolom komentar.
2. Pertanyaan/masukan harus berhubungan dengan uraian diatas.
3. Sebaiknya satu atau dua pertanyaan dalam satu kolom komentar.
4. Hanya menggunakan bahasa Indonesia yang umum dan dimengerti semua orang.
5. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
6. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.

Bila Anda punya nama atau blog gunakan komentar sebagai "Name/ URL".

Sebelumnya utta minta maaf yg sebsr2Nya jka komentar anda blm sempat dibls. ^^