Hak Cipta dan Lisensi

 

Apakah hak cipta itu?


Apakah hak cipta itu? Hak cipta adalah suatu bentuk perlindungan yang diberikan untuk karya tulis asli, di antaranya karya kreasi sastra, drama, musik, grafis, dan audiovisual. "Hak Cipta" secara harfiah berarti hak untuk menyalin, tetapi diartikan sebagai badan hak eksklusif yang diberikan oleh hukum kepada pemilik hak cipta untuk melindungi karya mereka.

Perlindungan hak cipta artinya bahwa pemilik hak cipta dapat mengontrol penggunaan tertentu atas karya mereka. Yang terpenting, perlindungan ini memberikan hak pada pemegang hak cipta untuk mengontrol penyalinan konten, mengadaptasi, dan mengirimkan konten mereka. Mengunggah dan berbagi konten melalui internet melibatkan banyak hak eksklusif pemilik hak cipta. Sifat dasar eksklusif hak cipta artinya bahwa hanya pemilik yang dapat menentukan siapa yang terlibat dengan aktivitas terkait konten mereka.

Ada batasan untuk hak cipta. Ini pada umumnya tidak melindungi gagasan atau fakta. Selain itu, ada sebagian penggunaan materi yang dilindungi oleh hak cipta yang diizinkan oleh hukum. Artinya, misalnya, izin pemilik hak cipta tidak diperlukan atas penggunaan karya mereka pada sebuah konten. Sifat dasar yang tepat untuk pengecualian terhadap perlindungan hak cipta ini tergantung pada hukum hak cipta internasional yang berlaku. Di AS, pengecualian terpenting adalah penggunaan yang wajar. Di Inggris, ada pengecualian persetujuan yang adil untuk penggunaan tertentu seperti kritik, ulasan, atau laporan berita. Di Brasil, pengecualiannya adalah kutipan yang disertakan, diperincikan, dan spesifik dengan pengatributan dan nukilan pendek untuk penggunaan pribadi.

Apakah pelanggaran hak cipta itu?

 
Pelanggaran hak cipta terjadi saat karya berhak cipta dibuat ulang, didistribusikan, dilakukan, ditampilkan secara publik, atau dibuat sebagai karya turunan tanpa izin pemilik hak cipta.

Blogger UT2A-4DOWN menghargai hak pemegang hak cipta dan penayang serta mewajibkan semua pengguna untuk mengonfirmasi bahwa mereka memiliki hak cipta atau memiliki izin dari pemegang hak cipta untuk mengunggah konten. Kami mematuhi Digital Millenium Copyright Act (DMCA) dan hukum hak cipta lain yang berlaku dan langsung menghapus konten saat diberi tahu dengan benar.

Mengeposkan konten yang melanggar hak cipta dapat merugikan Anda dan dapat mengakibatkan kemungkinan kerugian moneter (finansial) jika pemilik hak cipta memutuskan untuk mengambil tindakan hukum. Akun pelanggar akan dilaporkan kepada pihak yang berwajib (pemegang HAKI). Pengguna ini akan terus dilarang untuk menggunakan segala karya cipta Blogger UT2A-4DOWN dan hasil karya cipta Blogger lain.

Blogger UT2A-4DOWN berharap Anda akan membantu kami untuk melindungi hak cipta, dan bekerja sama dengan kami untuk menjaga blog kami sebagai pengalaman yang kreatif, sah, dan positif bagi semua orang.
Silahkan anda laporkan jika ada link yang rusak atau beberapa tutorial yang tidak bekerja, karena saya akan segera memperbaikinya, dan berhubung saya baru mengganti themes blog, jadi pasti banyak artikel yang berantakan! Saya harap anda dapat membantu saya untuk memperbaiki semuanya dengan berkomentar di artikel yang bermasalah.. thanks sebelumnya sudah berkunjung keblog utta yang sederhana ini...
Please rate this article:
{[['', '']]}
{["Useless", "Boring", "Need more details", "Perfect"]}

Jika Artikel ini menarik, Silahkan copy paste permalink berikut ini di blog sobat!

thumbnail
About The Author

Hai,.. I am just an ordinary man who just might share the knowledge that I know ahead of you, No one is more perfect. Always keep learning and sharing of knowledge, Just be Yourself and be The Unique that makes them know who you are.!!


5 Comments
Comments

+ komentar + 5 Diskusi pada 'Hak Cipta dan Lisensi'

  1. thanxs infonya gan . . .

    BalasHapus
  2. @Utta' MOG-MOG
    Gan Ane Mau Template Agan Nih . Bagi Link Downloadnya dong !

    BalasHapus
  3. :) Thank Uda ngasih taw infonya!!!!

    BalasHapus
  4. gan ane izin pake template buatan agan.. terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus

Tolong memberi komentar yang tidak melanggar norma-norma. Kami berhak menghapus komentar yang kasar, mengejek, bersifat menyerang, dan tidak berhubungan dengan artikel di atas. Oleh sebab itu, kiranya dapat menggunakan bahasa yang jelas!

Pedoman wajib untuk memasukkan komentar:
1. Tidak boleh memakai lebih dari satu kolom komentar.
2. Pertanyaan/masukan harus berhubungan dengan uraian diatas.
3. Sebaiknya satu atau dua pertanyaan dalam satu kolom komentar.
4. Hanya menggunakan bahasa Indonesia yang umum dan dimengerti semua orang.
5. Tidak diperbolehkan menggunakan huruf besar untuk menekankan sesuatu.
6. Tidak diijinkan mencantumkan hyperlink dari situs lain.

Bila Anda punya nama atau blog gunakan komentar sebagai "Name/ URL".

Sebelumnya utta minta maaf yg sebsr2Nya jka komentar anda blm sempat dibls. ^^